Herwyn Malonda Sebut Bawaslu Terus Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Herwyn Malonda Sebut Bawaslu Terus Tingkatkan Partisipasi Masyarakatby Redaksi Realitaon.Herwyn Malonda Sebut Bawaslu Terus Tingkatkan Partisipasi Masyarakat  JAKARTA, MEDIAREALITA.COM – Peluncuran dan peningkatan kapasitas lingkar studi kepemiluan Komite Indenpenden Sadar Pemilu (KISP), Sabtu (25/6/2022), menggelar diskusi yang menghadirkan Anggota Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Dr. Herwyn J.H Malonda, SH.MH sebagai narasumber. Lewat hajatan yang dilaksanakan via zoom miting, terungkap berbagai program yang nantinya akan dilaksanakan oleh jajaran Bawaslu dalan melaksanakan tugas […]

Herwyn Malonda/Foto: ist

 

JAKARTA, MEDIAREALITA.COM – Peluncuran dan peningkatan kapasitas lingkar studi kepemiluan Komite Indenpenden Sadar Pemilu (KISP), Sabtu (25/6/2022), menggelar diskusi yang menghadirkan Anggota Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Dr. Herwyn J.H Malonda, SH.MH sebagai narasumber.

Lewat hajatan yang dilaksanakan via zoom miting, terungkap berbagai program yang nantinya akan dilaksanakan oleh jajaran Bawaslu dalan melaksanakan tugas pengawasannya di Pemilu 2024.

Salah satunya adalah peran aktif KISP yang diharapkan bisa bersinergi dengan Bawaslu dalam membantu tugas-tugas Bawaslu.

“Berharap KISP sebagai pemantau pemilu dikemudian hari agar bersama-sama lembaga pengawas pemilu turut terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu,” terang Malonda selaku Koodinator Divisi SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu RI.

Bahkan dijelaskan mantan ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dua periode ini, Pemilu bukan hanya memilih legislatif dan eksekutif, namun penyelenggaraannya butuh partisipasi masyarakat.

Menurutnya, hal ini menjadi penilaian publik agar percaya terhadap proses demokrasi serta melindungi hak-hak politik rakyat yang dapat berpengaruh pada pemerintah dan pemerintahan terpilih dalam memimpin nantinya.

“Bawaslu sampai saat ini terus mengoptimalkan peningkatan partisipasi masyarakat, dipersilakan saja bapak ibu menjadi pemantau pemilu berperan aktif menjadi bagian dari partisipasi masyarakat, dengan harapan dapat membantu pengawas pemilu dalam mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan beeintegritas,” tegas suami dari Penatua Evelin Laloan ini.

Diakui Malonda lagi, dengan meningkatnya pengawasan partisipatif oleh masyarakat membantu tugas-tugas pengawasan Bawaslu, sehingga tendensi pelanggaran pemilu pun akan menurun karena dampak dari meluasnya pengawasan dalam proses pemilu.

“Semoga pengesahan Bawaslu sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 kepada pemantau pemilu, menjadi standarisasi dan legal standing pemantau pemilu untuk ikut aktif mengawasi proses demokrasi mewujudkan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 lebih berkualitas,” terang mantan anggota KPU Kabupaten Minahasa ini. (*)

banner 468x60

Related Posts