Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke- 593 Minahasa Berlangsung Hikmat

Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke- 593 Minahasa Berlangsung Hikmatby Terry Realitaon.Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke- 593 Minahasa Berlangsung HikmatTONDANO – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 593 Minahasa, Jumat (5/11) berlangsung penuh hikmat. Pagi harinya, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa. Dengan situasi pandemi Covid19 yang masih berlangsung upacara hanya diikuti pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Minahasa. […]

TONDANO – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 593 Minahasa, Jumat (5/11) berlangsung penuh hikmat.

Pagi harinya, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa.

Dengan situasi pandemi Covid19 yang masih berlangsung upacara hanya diikuti pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Minahasa.

Pada momen tersebut Bupati ROR mengapresiasi kinerja jajaran Pemkab Minahasa dengan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai tapi juga lebih banyak mengevaluasi banyak hal yang menjadi kekurangan bersama yang harus diperbaiki di sisa dua tahun kepemimpinan RRRD.

“Sudah banyak yang kita laksanakan tapi masih banyak yang harus dikerjakan apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, motivasi rakyat dan percepat vaksinasi supaya di akhir November ini bisa lebih dari tujuh puluh persen. Ini menjadi salah satu keberhasilan jajaran pemerintah yang akan menjadi ukuran penilaian,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Royke Roring didampingi Sekdakab Frits Muntu dan para Asisten serta Branch Manager Dadang Suhartono menyerahkan SK Pensiun, SK Kenaikan Pangkat dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang memiliki masa kerja 10, 20 dan 30 tahun.

Selanjutnya, Bupati ROR dan Wakil Bupati Dr. (HC) Robby Dondokambey menghadiri Rapat Paripurna DPRD Minahasa bersama Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw Forkopimda Sulut, Forkopimda Minahasa, Anggota DPRD Minahasa, Sekdakab Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Para Asisten Setdakab Minahasa, Sekwan Drs. Dolfie Kuron MBA, Kepala OPD Pemkab Minahasa, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP dan Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong SE, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Camat, Hukum Tua, Lurah dan undangan, bertempat di Wale ne Tou, Sasaran Tondano.

Rapat Paripurna dipimpin ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE didampingi Wakil Ketua Okstesi Pricilia Runtu SH, M.Si dan Wakil Ketua Denny R Kalangi.

Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutannya mengajak masyarakat Minahasa merayakan Hari Jadi Minahasa ke-593 ini dengan suka cita dan meriah, walaupun dengan pandemi COVID-19 yang mengajarkan arti kesederhanaan, kepedulian dan kebersamaan.

“Pada titik inilah, mari kita perkuat kembali kebersamaan, persatuan, dan semangat gotong royong untuk bersama-sama berjuang agar bangsa kita dapat segera terbebas dari pandemi COVID-19,” ujar Bupati.

Lanjutnya, 593 tahun Minahasa telah dilewati dengan beragam dinamika, sehingga harus diakui gambaran Minahasa saat ini merupakan kontribusi dari sinergitas segenap stakeholder yang ada.

“Momentum bersejarah ini juga mengingatkan kita akan kerja dan pengorbanan dari tou Minahasa dari masa ke masa, bahkan kekayaan budaya yang telah turut memberi warna dalam catatan bersejarah perjalanan panjang Minahasa. Kewajiban kita saat ini adalah berkontribusi dalam pembangunan Minahasa tercinta,” ajak Bupati.

Ia menguraikan sejumlah keberhasilan pembangunan di Kabupaten Minahasa, hingga Minahasa berusia ke-593

Sebelumnya, membawakan pengantar Ketua DPRD Glady Kandouw menyampaikan, peringatan Hari Jadi Minahasa bukanlah sekedar seremoni belaka.

“Saya mengajak masyarakat menjadikan momentum ini sebagai lembaran dari tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus,” ajaknya.

Menurutnya, semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa ini secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonomi, yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonomi yang lain

Sebelum Rapat paripurna, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bupati Minahasa dan Wakil Bupati Dr (HC) Robbby Dondokambey, S.Si menganugerahi gelar “Tonaas Wangko’ kepada tiga Jenderal.

Ketiga perwira tinggi itu adalah Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Wanti Waraney Mamahit, sebagai Tonaas Teterusan Wangko Um Banua, Danrem 131/Santiago Brigjen. Prince Meyer Putong sebagai Tonaas Teterusen Um Banua dan Kepala Badan Narkotika Provinsi Sulut Brigjen. Victor Joubert Lasut sebagai Tonaas Gumiiroth Um Banua

Prosesi penganugerahan yang disaksikan Wakil Gubernur Sulut Drs, Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Bupati/Wali Kota, Forkopimda Minahasa, Sekdakab Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Jajaran Pemprov, para Asisten Setdakab Minahasa, Kepala OPD dan jajaran pemkab Minahasa, tokoh Adat, Tokoh masyarakat, Anggota DPRD Minahasa dan undangan itu diawali dengan penjemputan Bupati Royke Roring selaku ketua Dewan Adat Minahasa dan Wakil Bupati Robby Dondokambey oleh tarian Kabasaran menuju tempat musyawarah majelis adat.

Dikatakan Bupati Royke Roring penganugerahan gelar adat kepada ketiga jenderal ini didasari oleh kehadiran dan eksistensi mereka sebagai pimpinan di institusi masing – masing yang secara tidak langsung mengangkat harkat dan martabat Minahasa.

Ketiganya juga adalah tokoh – tpkoh Minahasa yang tetap memegang teguh nilai – nilai adat dan budaya Minahasa sebagai jati diri dalam perjalanan karir mereka.

Ketiga Jenderal, kata Bupati ROR, adalah putra – putra terbaik Minahasa yang telah mengharumkan nama Minahasa di tingkat nasional dengan jabatan strategis yang disandang oleh ketiganya. :anjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Minahasa akan selalu menaruh rasa hormat kepada putra – putri terbaik daerah yang menorehkan prestasi prestisius sebagai anak keturunan Toar Lumimuut.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan bonus kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi meraih medali di PON XX Papua 2021, yang turut diserahkan oleh Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, dan pemberian bonus kepada peraih gelar Nyong Sulut 2021 dan Wakil 1 Noni Sulut, pemberian penghargaan bagi pemenang lomba Desa dan Kelurahan, pemberian piagam penghargaan pajak 100 persen, launching sistem pengelolaan pajak daerah, juga pemberian nama Jalan Dolfie Tanor mantan Bupati Minahasa. (ADVERTORIAL)

Terry Lumentut

banner 468x60

Author: 

Related Posts