Ingin Belajar Budidaya Aren, Bupati Tasikmalaya Datang Langsung ke Tomohon

Ingin Belajar Budidaya Aren, Bupati Tasikmalaya Datang Langsung ke Tomohonby Terry Realitaon.Ingin Belajar Budidaya Aren, Bupati Tasikmalaya Datang Langsung ke TomohonTOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Pemkab Tasikmalaya dipimpin langsung Bupati H. Ade Sugianto, SIP melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Tomohon dalam rangka melihat dari dekat proses pembubidayaan pohon Aren. Rombongan disambut oleh wakil Wali Kota Wenny Lumentut, SE, bertempat di Show Window, Rabu (24/11). Dalam sambutannya Wenny Lumentut mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon […]

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Pemkab Tasikmalaya dipimpin langsung Bupati H. Ade Sugianto, SIP melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Tomohon dalam rangka melihat dari dekat proses pembubidayaan pohon Aren.

Rombongan disambut oleh wakil Wali Kota Wenny Lumentut, SE, bertempat di Show Window, Rabu (24/11).

Dalam sambutannya Wenny Lumentut mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bupati Tasikmalaya dan rombongan yang telah berkunjung di kota sejuk Tomohon.

“Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada bapak Bupati. Semoga melalui kunjungan lapangan saat ini akan mampu menyerap berbagai kiat sukses dalam pelaksanaan budidaya tanaman aren dan hasil olahan yang ada di Kota Tomohon serta manfaatnya,” ujarnya.

Dijelaskan Lumentut, tanaman aren memiliki kelebihan dan manfaat ekonomi lebih dibandingkan dengan pohon lain sehingga penanamannya menjadi pilihan utama hingga sekarang.

“Pohon aren mulai akar batang daun, lidi ijuk hingga niranya dapat dimanfaatkan. Terutama niranya dapat diolah menjadi gula dengan kualitas export. Batang kayu yang telah selesai berproduksi dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat meybel dan tehel seperti yang di produksi oleh pusat pengelolaan kayu kelapa dan kayu aren di PPWG Kaaten Tomohon,” tuturnya.

Lanjut Lumentut menjelaskan, pengembangan tanaman aren yang ada dengan hasil turunannya yang antara lain air nirah yang kemudian bisa diproses melalui penyulingan menjadi uap dan menghasilkan alkohol yang juga dapat digunakan sebagai hand sanitizer.

“Begitu pula dengan proses pengolahan air nira yang dimasak dalam kuali kemudian menjadi gula batu dan gula semut. Hasil gula aren ini digunakan sebagai bahan pokok untuk membuat kue-kue tradisional,” terangnya.

Dengan perbandingan populasi penduduk Kota Tomohon sekitar 100.587 sedangkan Tasikmalaya sekitar 1.800an juta jiwa, wawali Lumentut mengaku terkesan dengan penilaian penilaian Bupati Tasikmalaya bahwa Tomohon begitu rapi, asri, banyak bunga yang bagus.

“Akhir kata semoga kunjungan kerja ini dapat bermanfaat baik untuk pemerintah Kabupaten Tasikmalaya maupun untuk pemerintah Kota Tomohon agar supaya pelayanan kita kepada masyarakat akan semakin prima,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Tasikmalaya menyampaikan rencana ke Kota Tomohon sudah sejak dua tahun silam.

“Namun karena pandemi Covid- 19 akhirnya baru dapat terlaksana hari ini,” katanya.

Sugianto mengaku sangat terkesan dengan penerimaan Wawali Lumentut.

“Walaupun ini pertama kalinya kami bertemu, saya merasa seperti bertemu dengan kawan lama dimana kami sama-sama pejuang rakyat saat duduk di DPRD, jadi langsung nyambung,” akunya.

Menurutnya, Kota Tomohon dan Tasikmalaya punya kemiripan meski diakuinya Tomohon menjadi lebih indah karena keindahan bunga – bunganya.

“Adapun maksud kedatangan kami adalah menambah wawasan dan pengetahuan guna meningkatkan Budidaya Tanaman Aren dan Hasil Produksi Olahan di Tasikmalaya,” ucapnya.

Dijelaskannya Tasikmalaya merupakan daerah dengan lahan aren terbesar bahkan mungkin di dunia, tapi pengelolaanya masih tradisional.

“Oleh karena itu kami datang di Kota Tomohon untuk belajar pengolahan, belajar tatakelola dan belajar sistem dari Kota Tomohon,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Bupati Tasikmalaya bersama rombongan melakukan kunjungan ke pabrik gula aren Masarang, dan lokasi wisata danau Linow.

Turut hadir jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya serta Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP.

Terry Lumentut

banner 468x60

Author: 

Related Posts