banner 468x60

Dibuka Bupati ROR, Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa 2022 Resmi Bergulir

 0
Dibuka Bupati ROR, Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa 2022 Resmi Bergulirby Kolang Yunithaon.Dibuka Bupati ROR, Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa 2022 Resmi BergulirMinahasa, Mediarealita.com – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring, Msi (ROR) yang didampingi Wakil Bupati Minahasa Dr (Hc) Robby Dondokambey, Ssi MM (RD) membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022, di MOY Convention Centre Tondano, Rabu (31/3/2021). Kegiatan yang mengusung Tema “Pemantapan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Kontribusi […]
banner 468x60

Minahasa, Mediarealita.com – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring, Msi (ROR) yang didampingi Wakil Bupati Minahasa Dr (Hc) Robby Dondokambey, Ssi MM (RD) membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022, di MOY Convention Centre Tondano, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan yang mengusung Tema “Pemantapan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata Untuk Mendukung Pemerataan Pembangunan Wilayah” diawali dengan doa buka oleh Pdt. Dr. Evert Tangel, S.Th, MPdK dilanjutkan dengan pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bidang Fisik Prasarana Bapelitbangda Minahasa, Drs Lexie S J Korengkeng MT.

Bupati ROR memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan karena masih diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Musrembang secara tatap muka maupun daring/video conference meskipun dengan situasi berbeda dari sebelumnya, dikarenakan suasana pandemi Covid19.

“Selaku umat yang percaya, patutlah kita memanjatkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya dengan anugerahNya kita dapat mengikuti kegiatan ini, sekalipun pelaksanaannya sedikit berbeda karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19, sehingga acara ini dilaksanakan melalui tatap muka tapi juga melalui Media Daring/Video Conference,” pungkas ROR.

Dalam sambutannya saaat membuka kegiatan Musrenbang ROR memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Direktorat  Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian dalam Negeri yang mengikuti Musrenbang secara virtual. Karena sejalan dengan undang-undang No.23 Tahun 2014 di mana Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun RKPD sebagai suatu kesatuan melalui penyelarasan usulan program kegiatan antar tingkat pemerintah.

Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2021 yang diketahui selain dilaksanakan secara tatap muka, tapi diikuti juga dengan virtual membahas dan mendiskusikan hal-hal dalam materi-materi yang dipaparkan oleh :

  1. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia mewakili Direktur Regional II : Asep Saepudin SE, M.Si selaku Koordinator Sulawesi I, JFP Ahli Madya yang membawakan materi tentang Keterpaduan Perencanaan Nasional dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tahun 2022;
  2. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mewakili Direktur Prencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah : Ibu Meiliawanti Ramdhan;
  3. BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara : Aldrin Edwin Anis SP, MT selaku Sekretaris Badan;
  4. DPRD Kabupaten Minahasa : Glady Kandouw, SE selaku Ketua DPRD Kabupaten Minahasa dengan materi Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Minahasa; dan
  5. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Minahasa : Philip F.S.H Siwi, SE dengan materi Rancangan RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2022

 

“Musrenbang ini menjadi momentum penting dan strategis dalam Pembangunan Pemkab Minahasa tahun 2022, dimana RKPD ini menjadi acuan dalam penyusunan APBD tahun 2022 sekalipun dalam keyakinan bersama terhadap situasi Pandemi Covid-19,” kata ROR.

Untuk itu, lanjut ROR, Pemkab Minahasa terus berupaya untuk dapat mengantisipasi Pandemi Covid-19 walaupun berimbas pada diberlakukannya kebijakan-kebijakan anggaran dan diharapkan dalam penyususnan RKPD 2022 dapat dilakukan penguatan pelaksanaan kebijakan, sebagaimana sering kita mendengarkan arahan dari Pak Presiden, Pak Gubernur bahwa tidak membagi-bagi uang kepada SKPD tetapi memprioritaskan kepada suatu program. Kalau ada 2 (dua) hal yang jadi prioritas, tidak usah ditambahkan kegiatan lain, demikian ditegaskan ROR sebelum membuka kegiatan  tersebut.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Minahasa Rahmat Taufani SH MKn, Ketua DPRD Glady E P Kandouw, SE, Anggota DPRD Minahasa, Kepala SKPD, Forkopimda, Camat se-kabupaten Minahasa, Asisten dan staf ahli.

(YK)

banner 468x60

Related Posts