Bimtek Padat Karya 2021, Resmi Dibuka

Bimtek Padat Karya 2021, Resmi Dibukaby Terry Realitaon.Bimtek Padat Karya 2021, Resmi DibukaTOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Enos Pontororing MSi membuka kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Padat Karya Tahun 2021, bertempat di Show Window Pertanian, Rabu (24/03/2021). Dalam sambutan yang dibawakan Pontororing, Wali Kota mengungkapkan tanaman florikultura merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki potensi besar […]

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Enos Pontororing MSi membuka kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Padat Karya Tahun 2021, bertempat di Show Window Pertanian, Rabu (24/03/2021).

Dalam sambutan yang dibawakan Pontororing, Wali Kota mengungkapkan tanaman florikultura merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, sebagai upaya penumbuhan perekonomian daerah dan nasional.

“Dalam lima tahun terakhir banyak tumbuh pelaku usaha tanaman florikultura mulai skala kecil sampai menengah. Seiring permintaan tanaman florikultura yang terus meningkat baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor, tanaman florikultura dapat diposisikan sebagai komoditas perdagangan yang penting di dalam negeri maupun di pasar global,” ujarnya.

Kota Tomohon merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi besar dalam sentra pengembangan florikultura yang utama di Provinsi Sulawesi Utara.

Hal ini, kata Wali Kota, didukung dengan letak geografis yang sangat strategis yaitu pada ketinggian 1.000-1.400 meter diatas permukaan laut, menjadikan kondisi tersebut sangat sesuai untuk pengembangan bunga potong seperti krisan, kerklely, gladiol, anthurium dan jenis bunga lainnya.

“Pemerintah Kota Tomohon memiliki program pengembangan kawasan sentra produksi bunga potong krisan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Sulawesi, Indonesia Timur bahkan diekspor ke luar negeri.

“Tanaman hias krisan merupakan produk unggulan di Kota Tomohon. Karena bunga potong ini merupakan komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi, dengan potensi wilayah pengembangan yang sangat mendukung, potensi pasar dalam daerah, dalam negeri serta peluang eksport yang cukup tinggi sehingga menjadi pemicu perluasan pengembangan usaha tani bunga krisan.

Di sela-sela kegiatan ini Walikota menyempatkan diri untuk hadir sekaligus mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian RI Dr Ir Muhammad Thamrin MSi, bersama Ahli Peneliti Utama pada Balai Penelitian Tanaman Hias Prof Dr Ir Budi Marwoto.

Selanjutnya Kepala Balithi mengatakan akan mengawal petani Krisan Tomohon sampai eksport bunga.

Walikota dalam kesempatan ini mengharapkan semoga Kerjasama dan Sinergitas Balai Penelitian Tanaman Hias Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Kota Tomohon yang selama ini telah terbangun dengan baik kiranya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama para petani di bidang usaha florikultura, melalui program dan kegiatan balai penelitian maupun Pemerintah Kota Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala BPTP Steivie Karouw SIP MSi, Ketua Komda Perhorti Sulut DR Sesilia Wanget SP M.Si bersama Jajaran Kementerian Pertanian RI, jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para peserta.

Terry Lumentut

banner 468x60

Author: 

Related Posts